Kamis, 30 Desember 2010

Apa itu Komputer ?


Komputer didefinisikan dari bahasa latin computare yang mengandung arti menghitung. Ada sedikiti perbedaan dari para pakar dan peneliti dalam mendefinisikan termininologi komputer. 

Menurut Hamacher, komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi. 

Menurut Blissmer, komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut:
1. menerima input
2. memproses input tadi sesuai dengan programnya
3. menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
4. menyediakan output dalam bentuk informasi

Sedangan Fuori berpendapat bahwa komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.

Jadi dapat disimpulkan bahwa  KOMPUTER adalah seperangkat alat elektronik yang terdiri atas peralatan input , alat yang mengolah input, dan peralatan output yang memberi informasi, serta bekerja secara otomatis. Secara global  computer dapat digolongkan berdasarkan data yang diolah, penggunaan, bentuk dan ukuran serta generasi atau waktu pembuatannya.

Berdasarkan data yang diolah :
1. Komputer  Analog, digunakan untuk mengolah data kualitatif, bekerja secaraa kontinu dan parallel dan biasanya tidak memerlukan bahasa perantara. Contohnya komputer yang digunakan untuk mengukur suhu, kecepatan suara, dan voltase listrik.
2. Komputer Digital, digunakan untuk mengola data kuantitatif (huruf,angka, kombinasi huruf dan angka, serta karakter khusus) dan biasanya memerlukan bahasa perantara. Contohnya komputer PC (Personal Computer)
3. Komputer Hybrid, merupakan kombinasi antara komputer digital dan analog, contohnya facsimile

Berdasarkan dari sisi penggunaan :
1. Komputer untuk tujuan khusus  (special purpose computer) digunakan secara umum misalnya untuk pengolahan grafis, pengolahan multimedia, pengolahan database, dan pengolahan program lainnya.
2. Komputer untuk tujuan umum (general purpose computer) digunakan secara khusus dan mempunyai satu fungsi kerja saja misalnya, sebagai server,PC router, atau terminal dumb.

Berdasarkan dari generasi atau waktu pembuatan/pemakaiannya :
1. Komputer generasi pertama (1946-1959)
2. Komputer generasi kedua (1959-1964)
3. Komputer generasi ketiga (1964-1970)
4. Komputer generasi keempat(1970-sekarang)
5. Komputer generasi kelima (sekarang)
6. Komputer generasi keebam (masa depan)

Berdasarkan dari bentuk & ukuran :
1. Supercomputer adalah jenis komputer yang digunakan untuk menyelesaikan masalah yang membutuhkan  perhitungan sangat kompleks. Karena bentuk dan harganya yang relative mahal, komputer ini jarang kita temui. Biasanya digunakan di universitas, pemerintah dan peruhasaaan besar.
2. Mainframe computer adalah jenis komputer yang digunakan pada lingkungan  ketika pengguna memerlukann akses untuk menjalankan program, dan memakai data secara bersama-sama.Biasanya, komputer jenis ini banyak ditemui dan digunakan sebagai server e-commerce yang melayani transaksi melalui internet.
3. Minicomputer adalah  jenis komputer yang lebih ecil dari computer mainframe, tetapi  lebih besar dari jenis microcomputer, Biasanya memiliki beberapa terminal. Komputer jenis ini digunakan sebagai server jaringan atau server internet.
4. Workstation computer adalah computer single-user yang sangat powerful. Biasanya dgunakan  utuk aplikasi yang membutuhkan perhitungan kompleks dan pekerjaan yang berat misalnya pembuatan animasi komputer.
5. Microcomputer atau PC adalah jenis komputer yang digunakan oleh satu orang yang kinerjanya bergantung pada kebutuhan. Contohnya adalah komputer yang kita pakai saat ini.

Untuk mewujudkan konsepsi komputer sebagai pengolah data dan untuk menghasilkan suatu informasi, maka diperlukan sistem komputer (computer system) yang elemennya terdiri dari hardware, software dan brainware. Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk kesatuan. Hardware tidak akan berfungsi apabila tanpa software, demikian juga sebaliknya. Dan keduanya tiada bermanfaat apabila tidak ada manusia (brainware) yang mengoperasikan dan mengendalikannya.
1. Hardware atau Perangkat Keras: peralatan yang secara fisik terlihat dan bisa di jamah.
2. Software atau Perangkat Lunak: program yang berisi instruksi/perintah untuk melakukan pengolahan data.
3. Brainware: manusia yang mengoperasikan dan mengendalikan sistem komputer.

    0 komentar:

    Blog Archive

    Blog Archive

    Label

    Pengunjung

    About Me